Sekjen Kemenkumham Tinjau Asset BHP Semarang di Kawasan Kota Lama udalam rangka rencana revitalisasi, BHP Semarang mengadakan Rakor dengan Disdukcapil se Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah dan DIY Terkait Bidang Perwalian dan Harta Tak Terurus

» Share | Blog

Kegiatan Workshop Pembinaan Pegawai Balai Harta Peninggalan Semarang di Yogyakarta

Yogyakarta, Balai Harta Peninggalan (BHP) Semarang mengadakan kegiatan workshop terkait Peningkatan Kualitas Kerja dan Kepribadian Pegawai BHP Semarang, bertempat di Hotel Pesonna Tugu pada tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2018. Kegiatan Workshop ini mengambil tema “Peningkatan Pembinaan Aparatur Sipil Negara Balai Harta Peninggalan Semarang untuk mewujudkan kualitas kinerja yang PASTI”. Peningkatan kualitas kerja dan kepribadian Pegawai BHP Semarang sangat dibutuhkan oleh BHP Semarang guna meningkatkan pelayanan jasa hukum terhadap masyarakat yang membutuhkan dan diharapkan dapat memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya pelayanan yang menggunakan teknologi yaitu e-government.


Acara kegiatan workshop ini tidak hanya dihadiri seluruh pegawai Balai Harta Peninggalan, tetapi juga dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI), Kepala Bagian Kepegawaian Ditjen AHU, Direktur Perdata Ditjen AHU, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa tengah, Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Ketua BHP Medan, Ketua BHP Jakarta, Ketua BHP Surabaya, Ketua BHP Makasar, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Kepala disvisi Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, dan beberapa pegawai Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.


Dalam kegiatan pembinaan pegawai tersebut, Direktur Perdata Ditjen AHU, Bapak Daulat Pandapotan Silitonga, menyampaikan arahan kepada peserta pembinaan pegawai, bahwa upaya peningkatan kualitas kerja dan kebripadian Aparatur Sipil Negara menjadi bagian dari tanggung jawab pemerintah guna melatih seseorang menjadi manusia yang trampil, kreatif, berinisiatif dan berkarakter. Peningakatan kualitas kerja dan kebribadian bukan hanya kewajiban institusi dalam hal ini Kemenkumham, tetapi individu itu sendiri wajib ikut serta untuk meningkatkan kualitas kerja. “Tidak mungkin seseorang menjadi lebih baik tanpa usaha dirinya sendiri, tidak mungkin seorang ASN dapat memenuhi kebutuhan kualitas dalam tempat kerjanya jika dia tidak mau meningkatkan kualitas dirinya”, menurut Bapak Daulat Pandapotan Silitonga. Oleh sebab itu meningkatkan kualitas diri harus dilakukan setiap ASN dalam rangka tugas dan fungsi BHP memberikan layanan jasa hukum kepada masyarakat.


Dalam rangka mewujudkan salah satu misi Kemenkumham yaitu mewujudkan aparatur Kemenkumham yang professional dan berintegritas, para Aparatur Sipil Negara BHP yang berada dibawah Ditjen AHU perlu mengimplementasikan tata nilai PASTI yaitu Professional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif.
Dalam acara pembinaan pegawai tersebut, diisi materi tentang Manajemen ASN yang merupakan pengelolan ASN untuk menghasilkan pegawai ASN yang profesinal, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktif korupsi, kolusi, dan nepotisme. Selain itu ada materi yang disampaikan oleh instruktur dari Forlead Indonesia Bangkit, Muhammad Yusuf, mengenai kecerdasan berkomunikasi dan berinteraksi di tempat kerja, disiplin dan patuh pada aturan kerja, karakter dan kepribdaian yang produktif dan tidak boros, dan motivasi diri dan peningkatan kualitas kepemimpinan diri sendiri.


Kemudian pada hari Sabtu tanggal 5 Mei 2018, para peserta pembinaan pegawai menuju ke daerah wisata Gunung Merapi untuk melakukan wisata Lava Tour Merapi, kemudian dilanjutkan dengan berwisata rafting menyusuri Sungai Oyo. Pada hari terakhir Minggu, tanggal 6 Mei 2018 acara kegiatan workshop ditutup di Hotel Pesonna Tugu.

Sekretaris Ditjen AHU Menyampaikan Arahan kepada Peserta Pembinaan PegawaiInstruktur Menyampaikan Materi kepada Peserta Pembinaan PegawaiPara Peserta Pembinaan Pegawai Mengunjungi Wisata Lava Tour MerapiBerwisata Menyusuri Sungai Oyo di Gunung Kidul D.I. Yogyakarta

 


Related News


Leave a Comment