Sekjen Kemenkumham Tinjau Asset BHP Semarang di Kawasan Kota Lama udalam rangka rencana revitalisasi, BHP Semarang mengadakan Rakor dengan Disdukcapil se Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah dan DIY Terkait Bidang Perwalian dan Harta Tak Terurus

» Share | Blog

Selamat Hari Kartini Tahun 2020

Kartini merupakan anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri. Oleh orang tuanya, Kartini dijodohkan dengan bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, yang sudah pernah memiliki tiga istri.

Setelah Menikah pada 12 November 1903, Keinginan Kartini mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang Kompleks Kantor Kabupaten Rembang, atau pada bangunan yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka didukung sang suami. 

Kartini wafat pada 17 September 1904 di usia 25 tahun. Sebelum meninggal, Kartini melahirkan anak pertamanya, Soesalit Djojoadhiningrat yang lahir pada tanggal 13 September 1904. Kartini dimakamkan di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang.

60 tahun setelah kepergiannya, Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

 

Selamat Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia. Perempuan Hebat Untuk Indonesia Maju.


Related News


Leave a Comment